Pengertian GPS dan Manfaat Teknologi GPS dalam Kehidupan Sehari-hari

Pada tahun 2018 ini banyak sekali teknologi yang di kembangkan salah satunya adalah teknologi GPS. GPS Merupakan kepanjangan dari (Global Positioning System ), yang perlu di ketahui oleh khalayak umum adalah Teknologi GPS ini mempunyai banyak kegunaan dalam berbagai aspek kehidupan. GPS merupakan salah satu teknologi yang posisinya secara global paling populer di dunia saat ini dan salah satu penemuan terbesar di abad 20.

GPS yang merupakan kependekan dari Global Positioning System, adalah suatu sistem radio navigasi dan penentuan posisi yang berbasiskan satelit yang dapat digunakan oleh banyak orang sekaligus dalam segala cuaca, serta didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan tiga dimensi yang teliti, dan juga informasi mengenai waktu, secara kontinyu di seluruh dunia (Abidin, 1995.
Teknologi GPS mulai dikembangkan sekitar tahun 70-an oleh pihak militer Amerika Serikat melalui Departemen pertahanan USA yang digunakan untuk kepentingan militer.

 

Seiring dengan perkembangan system ini, GPS telah digunakan secara luas di pelbagai bidang diluar kepentingan militer dan dikembangkan tidak hanya di negara Amerika Serikat saja, melainkan di seluruh dunia. Untuk mengetahui posisi dari GPS, diperlukan minimal 3 satelit. Pengukuran posisi GPS didasarkan oleh sistem pengukuran matematika yang disebut dengan Triliterasi. Yaitu pengukuran suatu titik dengan bantuan 3 titik acu.

Karena GPS dapat memberikan informasi posisi dan waktu yang realtime , sehingga manfaat GPS ini banyak sekali digunakan baik itu secara aspek kehidupan sehari-hari sperti sebagai system monitor dari kepemilikan mobil juga motor, sabagai alat bantu tracking penyewa atau rental mobil, alat berat bahkan rental sepeda motor. Selain gigunakan pada aspek kehidupan sehari-hari juga digunakan pada pengembangan ilmu dalam hal ini digunakan pada penelitian-penelitian.

Dan berikut dibawah ini merupakan manfaat GPS dalam kehidupan sehari-hari dan pengembagan bidang keilmuan atau penelitian.

A. Kegunaan teknologi GPS secara umum dalam dalam kehidupan sehari-hari:

1. Aspek Manfaat GPS Untuk Militer
GPS digunakan untuk keperluan perang, seperti menuntun arah bom, atau mengetahui posisi pasukan berada. Dengan cara ini maka kita bisa mengetahui teman dan lawan untuk menghindari salah target ataupun menentukan pergerakan pasukan.

2. Manfaat GPS Untuk Navigasi
GPS banyak juga digunakan sebagai alat navigasi seperti kompas. Beberapa jenis kendaraan telah dilengkapi dengan GPS untuk alat bantu navigasi dengan menambahkan peta, sehingga dapat digunakan untuk memandu pengendara mengetahui jalur yang sebaiknya dipilih untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

3. Manfaat GPS Sistem Informasi Geografis

Untuk keperluan Sistem Informasi Geografis, GPS sering juga diikutsertakan dalam pembuatan peta, seperti mengukur jarak perbatasan ataupun sebagai referensi pengukuran.

4. Manfaat Pelacak kendaraan (Mobil, Motor , Truk Dll)
Kegunaan lain GPS adalah sebagai Pelacak kendaraan, dengan bantuan GPS pemilik kendaraan/pengelola armada bisa mengetahui ada di mana saja kendaraan/aset bergeraknya berada saat ini.

5. Manfaat GPS Sebagai Pemantau gempa
Bahkan saat ini, GPS dengan ketelitian tinggi bisa digunakan untuk memantau pergerakan tanah, yang ordenya hanya mm dalam setahun. Pemantauan pergerakan tanah berguna untuk memperkirakan terjadinya gempa, baik pergerakan vulkanik ataupun tektonik.

B. Pada lingkup penelitian, GPS dapat digunakan untuk beberapa studi seperti:

1. Geodinamika dengan menempatkan titik- titik pantau di beberapa lokasi yang dipilih, secara periodik maupun kontinyu untuk ditentukan koordinatnya secara teliti dengan menggunakan metode survei GPS.

2. Ground deformation pada tubuh gunungapi dengan cara menempatkan beberapa titik di beberapa lokasi yang dipilih, ditentukan koordinatnya secara teliti dengan menggunakan metode survei GPS. Dengan mempelajari pola dan kecepatan perubahan koordinat dari titik-titik tersebut dari survei yang satu ke survei berikutnya, maka karakteristik ground deformation pada tubuh gunung api akan dapat dihitung dan dipelajari lebih lanjut.

3. Studi mengenai ionosfer dan troposfer. Satelit GPS memancarkan sinyal-sinyal gelombang elektromagnetik yang sebelum diterima oleh antena receiver GPS akan melewati medium lapisan-lapisan atmosfer yaitu ionosfer dan troposfer. Dalam kedua lapisan ini, sinyal GPS akan mengalami gangguan (bias) sehingga jarak yang dihitung akan memberikan nilai yang mengandung kesalahan. Jarak digunakan untuk menghitung posisi titik. Dalam lingkup kajian GPS, kedua lapisan ini menjadi bias tersendiri yang harus dikoreksi sebelum menentukan posisi titik.

4. Studi oseanografi dengan GPS buoy system digunakan diantaranya untuk penentuan pasut lepas pantai, pasut pantai, studi pola arus, tsunami EWS, dan lain-lain. GPS mampu memberikan ketelitian posisi sampai dengan ketelitian sentimeter bahkan milimeter. Untuk mencapai ketelitian yang tinggi dengan menggunakan GPS dalam studi GPS Buoy digunakan metoda kinematik diferensial baik itu secara real time (RTK) maupun cinematic post processing. Untuk beberapa kasus biasa digunakan Differential GPS (DGPS).

5. Studi gempa bumi. Data GPS dapat dengan baik melihat deformasi yang mengiringi tahapan mekanisme terjadinya Gempa Bumi. Studi mengenai tahapan mekanisme gempa ini akan sangat berguna dalam melakukan evaluasi potensi bencana alam gempa bumi, untuk memperbaiki upaya mitigasi dimasa datang.

Di Indonesia sendiri, GPS telah berhasil digunakan dalam studi geodinamika di daerah Sulawesi, studi mekanisme gempa bumi aceh, pemantauan deformasi gunung api di Jawa dan Bali dan banyak studi kasus lain yang dilakukan oleh Kelompok Keilmuan Geodesi Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Teknologi Bandung.

Untuk kegunaan GPS sehari-hari seperti untuk monitor atau tracking kendaraan baik rental maupun pribadi digunakan untuk mobil, motor, maupun alat berat bisa menghubungi ms-tech.id atau no Wa 0896-6685-5880 berikut.